Tips Mendapatkan Tempat kursus public speaking di Mojokerto

Keahlian berbicara di depan banyak orang memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari baik untuk bersosialisasi, naik jabatan termasuk untuk mendapatkan pekerjaan. Seseorang bisa saja terlahir dengan keahluan ini, tapi kebanyakan orang tidak seperti itu. Dan untuk memunculkan keahlian berbicara di depan banyak orang, tak jarang kita harus mendatangi ahli.

Saat kita tidak memiliki keahlian tersebut sebaiknya kita belajar kepada seorang ahli, hal itu dilakukan selain untuk menambah skill kemampuan berbicara, juga sebagai penunjang meningkatnya rasa percaya diri. Karena jika Anda bisa me-manage demam panggung, maka Anda bisa dengan mudah menyampaikan apa yang akan Anda sampaikan.

Sebaiknya kita tidak sembarangan memilih guru atau pakar public speaking karena bisa saja hasilnya tidak maksimal. Mengungat untuk mempelajari public speaking bersama seorang ahli ini harganya tidak murah, tentu kita tidak ingin uang kita terbuang sia-sia dengan belajar pada ahli yang  kurang tepat.

Lalu bagaimana memilih trainer public speaking yang baik?

Yang pertama harus berpengalaman. Karena dari pengalaman yang ia punya, seorang trainer bisa memberikan contoh cara menarik perhatian dan memberikan kesan pertama yang baik terhadap audience. Dia juga akan memberitahu kita bagaimana caranya agar saat berinteraksi atau menyampaikan presentasi itu agar tidak monoton. Misalnya, ada saatnya kapan harus menyelipkan lelucon atau kapan harus kembali serius ke pokok bahasan. Dengan menguasai hal ini, kita pasti bisa mengatasi demam panggung dan mengeluarkan rasa percaya diri.

Kemudian yang kedua harus punya program pembelajaran yang jelas. Misalnya materi apa saja yang nantinya akan kita dapat. Contohnya di radio broadcasting school, itu kita bisa mendapatkan public speaking, presentasi, news anchor, presenter, intonasi, dll. Jadi pastikan materi yang dipunya oleh trainer itu adalah sesuai dengan kebutuhan kita.

Kemudian yang selanjutnya harus berlisensi. Dengan begitu bisa dipastikan bahwa trainer yang kita pilih sudah berpengalaman dan legal, sehingga sertifikat yang akan kita dapat pun adalah resmi dan bisa digunakan sebagai lampiran dalam surat lamaran atau yang lain.

Kemudian yang terakhir bisa membantu kita menemukan karakter kita sebagai pembicara, bukan harus menuntut kita menggunakan cara yang trainer berikan. Dengan kata lain, seorang trainer harus punya kemampuan menemukan bakat muridnya.

Lalu, kebutuhan public speaking seperti apa yang sesuai dengan Anda?

Profesional Public Speaker

Di kelas ini Anda akan belajar bagaimana menjadi seorang pembicara yang profesional. Biasanya kelas ini digunakan untuk formal MC atau narator acara-acara profesional.

Motivation Public Speaker

Kelas yang satu ini bisa Anda pilih jika Anda punya cita-cita menjadi seorang motivator. Selain itu kelas ini juga bisa menjadi pilihan saat Anda terpilih menjadi HRD di suatu perusahaan yang mengharuskan Anda memberi motivasi, mendorong dan memberikan inspirasi pada karyawan.

Executive Public Speaker

Yang satu ini bisa membantu Anda jika posisi pekerjaan Anda sering berbicara dihadapan korporat sampai pejabat. Karena keterampilan untuk menyampaikan materi presentasi dihadapan eksekutif sangat berbeda dengan berbicara di hadapan kalangan umum.

Broadcast Publik Speaker

Nah, yang ini seperti yang sudah saya sebutkan di atas jika kelas digunakan untuk Anda yang ingin menjadi penyiar televisi, penyiar radio, news anchor, atau presenter TV sampai pengisi iklan.

Ada teknik berbicara di depan kamera atau pada situasi lapangan sehingga materi bisa tersampaikan dengan baik pada audience yang tidak secara langsung berada di hadapan kita.

Di Mojokerto sendiri belum ada Public Speaking Cours atau tempat kursus publik speaking. Jadi jika Anda membutuhkannya bisa mencarinya di daerah sekitar seperti Surabaya atau Malang.


Maya Pratama

Pekerjaan sekarang aktif menulis di Mojokertopost.com. Asal / lokasi tempat tinggal di kota Mojokerto. Silahkan membaca tulisan saya, semoga bermanfaat bagi semua.
What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Share ke Whatsapp & Facebook