Tips Memilih Waralaba Laundry di Mojokerto

Mesin cuci memang menjadi alat yang sangat membantu emak-emak yang cukup lelah untuk mencuci baju dengan tangan. Tapi karena mesin cuci ini, para emak bukannya malah termanjakan tapi malah banyak yang kreatif dan produktif loh! Yaps betul! Mereka memanfaatkannya untuk bisnis laundry. Keren ya para emak ini hihihi.

Tapi bukan berarti bisnis laundry ini dijalankan oleh para emak dan hanya ide emak-emak saja loh! Banyak kok kini baik dari kalangan bapak, pebisnis muda, anak sekolah, dan yang lain yang akhirnya membuka bisnis laundry. Hal ini biasanya bermula dari melihat mesin cuci yang dipakai beberapa hari sekali dan berfikir sayang jika tidak dimanfaatkan. Akhirnya menjamurlah bisnis laundry ini.

Tapi sayangnya tidak semua jasa laundry memiliki standart pelayanan yang sama. Ada yang hasilnya bagus ada yang hasilnya ngasal. Hal inilah yang membuat terkadang bisnis laundry rumahan cukup sepi. Karena para pelanggan mulai meragukan kualitas jasa laundry tersebut.

Tapi tenang, anda bisa memanfaatkan bisnis waralaba laundry untuk memperkuat branding anda. Biasanya jika nama brand laundry itu bagus, semua orang juga berfikiran bahwa brand tersebut memiliki layanan yang bagus baik cabang mana pun. Hal ini juga diperkuat dengan adanya training dan pelatihan dari agency brand tersebut. Agar mereka tetap dipandang masyarakat sebagai brand jasa laundry yang bagus.

Bagaimana? Cukup menguntungkan bukan menggunakan waralaba laundry? Eits, tapi anda tidak boleh sembarangan memilih waralaba laundry loh! Berikut ini tips memilih waralaba laundry di Mojokerto.

  • Kenali brand-nya

Pastikan anda kenal dengan brand laundry tersebut. Minimal pernah mencoba pelayanannya juga serta tahu bagaimana image laundry tersebut di mata masyarakat.

  • Jangan mudah percaya dan riset terlebih dahulu

Jangan mudah percaya dengan cerita sukses yang ada. Anda juga perlu mendengar cerita ex-franchisor (mantan pengguna bisnis waralaba brand tersebut). Selain mendengar cerita kesuksesan dan berbagai keuntungan menggunakan franchise brand tersebut, anda juga harus tahu kendalanya. Mengapa bisa gulung tikar dan semacamnya. Jadi pastikan anda harus riset terlebih dahulu. Serta jangan gegabah dalam memutuskan hanya karena tergiur dengan cerita sukses segelintir franchisor.

  • Cek track record

Coba cek track record-nya. Apakah ia banyak memiliki masalah dengan pelanggan? Sering terjadi kendala dengan franchisor? Atau malah mencetak banyak pengusaha sukses?

  • Memiliki portofolio yang jelas

Memiliki portofolio yang jelas memang sangat penting. Seperti halnya memiliki company profile. Disana anda akan melihat bagaimana asal usul dan riwayat pelayanan yang pernah mereka kerjakan. Ini juga membantu anda untuk lebih mengenal brand tersebut.

  • Layanan lengkap

Pilih waralaba laundry yang memiliki layanan lengkap. Mulai dari pelayanan training pemula, seminar hingga arahan untuk menjadi jasa laundry yang baik. Hal ini karena akan memudahkan anda dalam memperkenalkan laundry tersebut. Pilih jasa yang menyediakan mulai dari brosur, banner, paket laundry, dll.

  • Harga sesuai budget

Sesuaikan harga untuk membuka bisnis waralaba tadi sesuai dengan budget anda. Jangan memaksakan. Tanyakan harga segitu sudah dapat apa saja dan apakah akan ada biaya tambahan nantinya? Berapakah royalty yang harus dibayar? Jangan sampai bisnis anda berhenti di tengah jalan hanya karena anda tidak jeli dalam menyusun budget ini.

  • Perhatikan syarat dan ketentuan

Baca dengan jeli syarat dan ketentuan yang ada. Jangan sampai anda menyesal hanya karena menganggap ini hal sepele dan mengabaikannya.

  • Lokasi dekat dan strategis

Pilih lokasi yang dekat dan startegis. Bukan hanya dekat dengan agency penyedia waralaba laundry tersebut saja. Melainkan juga harus strategis letak laundry anda. Dekat dengan pelanggan, dekat dengan tempat anda dan dekat dengan kos misalnya,  karena biasanya yang berminat adalah anak kos. Di Mojokerto sendiri bisa dikategorikan strategis loh! Anda bisa mencoba membuka waralaba laundry tersebut disini.

 


Feri Yudha

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Share ke Whatsapp & Facebook