Tips Memilih Tempat Kuliah yang Bagus untuk Lulusan SMK

Pendidikan lanjutan dipilih bagi mereka yang menginginkan ilmu pengetahuan lebih, cara berorganisasi yang sebenarnya, dan melatih untuk berpikir kritis. Namun kuliah juga adalah sesuatu yang memiliki nilai prestise. Kualitas dan nama dari tempat kuliah adalah hal penting.

Kuliah kenamaan selain punya dosen-dosen terbaik, mereka juga dipilih sebagai gengsi. Biasanya yang seringkali disebutkan saat SMK, beberapa  pilihan universitas bergengsi yaitu ITB, UI, UNPAD, UGM, IPB, UB.

Namun, tak semua mengincar universitas-universitas kenamaan. Ada pula yang hanya ingin mendapatkan gelar S1 dengan pilihan kampus yang terjangkau dari segi biaya dan lokasi.

Di Mojokerto sendiri, para lulusan SMA/SMK sederajat, banyak yang memilih kampus di wilayah Surabaya atau Malang. Tapi tak sedikit juga yang memilih untuk kuliah di universitas yang ada di Mojokerto.

Nah, berikut ini adalah cara memilih kampus atau tempat kuliah yang bagus di Mojokerto untuk kamu yang berencana kuliah setelah lulus SMK. Yuk, simak!

  • Pilih jurusan yang sesuai passion

Sebelum kamu memilih kampus idaman, yang harus kamu perhatikan pertama kali adalah jurusan yang sesuai dengan minat bakat kamu, jangan sampai nanti ketika kamu masuk ke kampus atau perguruan tinggi, kamu merasa salah memilih jurusan.

Namun, untuk kamu lulusan SMK mungkin tidak akan terlalu pusing memilih jurusan, karena sudah dipersiapkan sedini mungkin untuk berada di jurusan yang sesuai dengan dunia kerja. Jadi para lulusan SMK hanya perlu meneruskan jurusan yang sebelumnya diambil di sekolah kejuruan.

  • Pilih Negeri atau swasta

Di indonesia, kebanyakan siswa menjadikan universitas negeri sebagai prioritas pilihan, walaupun jurusan yang dipilih tidak sesuai dengan minat dan bakatnya. Salah satu alasan kenapa universitas negeri menjadi pilihan utama adalah biayanya relatif murah.  Walaupun sebenarnya di kampus swasta pun biayanya tidak terlalu mahal, karena sudah banyak kampus swasta yang menyediakan program beasiswa.

  • Tersedia beasiswa

Ada atau tidaknya beasiswa di kampus juga penting untuk dipilih karena program beasiswa ini bisa sangat membantu dalam membiayai anggaran selama kuliah.

  • Lokasi kampus

Dalam memilih universitas, alangkah baiknya kamu juga tau lokasi kampus. Hal ini bisa membantu kamu dalam merencanakan pengeluaran dan biaya yang harus dikeluarkan.

  • Mengetahui biaya kuliah dan biaya hidup di sekitar lokasi kampus

Hal ini penting dilakukan untuk membantu merinci anggaran yang baik dan sesuai untuk biaya hidup sehari-hari, saat sudah memutuskan kuliah di universitas pilihan kamu.

  • Hindari ikut- ikutan teman

Biasanya, saat masih sekolah kita seringkali mengikuti jalan yang diambil teman kita. Jika teman memilih universitas B kita juga ikut memilihnya. Alasannya karena agar tidak kesepian atau karena bisa memikul beban bersama-sama.

Hal ini tidak baik karena belum tentu minat dan bakatmu sama dengan temanmu. Ingat, kuliah bukan hanya sekedar ajang gengsi, namun sebagai tahap menentukan prospek karir di masa depan.

  • Konsultasikan dengan orang terdekat

Jika tidak punya gambaran terhadap pilihan ataupun tentang menjalani kehidupan saat di dunia perkuliahan, sebaiknya konsultasikan kepada orang tua atau guru bimbinganmu. Dengan begitu akan membantu mendapatkan jalan keluar.

  • Berpikir realistis

Keinginan yang menggebu agar dapat melanjutkan pendidikan di universitas pilihanmu bisa jadi cambuk penyemangat, agar bisa meraih mimpimu. Namun, kamu harus tetap berpikir realistis. Pertimbangkan matang-matang sesuai dengan kemampuan diri sendiri, baik dari segi financial ataupun akademik. Jangan sampai setelah kamu memilih kampus tersebut malah membuat dirimu terbebani atau malah membebani orang tua.

 

 

 


Maya Pratama

Pekerjaan sekarang aktif menulis di Mojokertopost.com. Asal / lokasi tempat tinggal di kota Mojokerto. Silahkan membaca tulisan saya, semoga bermanfaat bagi semua.
What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Share ke Whatsapp & Facebook