Tips Memilih Franchise / Waralaba Barbershop di Mojokerto

Barbershop kini bisa dibilang sudah mulai naik daun. Jika dahulu para kaum perempuan akan pergi ke salon untuk mengurus rambut mereka, dan sementara kaum pria akan datang ke tukang cukur rambut, maka sekarang mulai berbeda. Semenjak ada istilah barbershop dengan fasilitas yang cukup bagus dan harga tidak melangit, kaum pria yang asalnya hanya datang ke tukang cukur atau pangkas rambut, kini beralih ke barbershop.

Dulu mungkin dari kita akan beranggapan bahwa barbershop sangat mahal biayanya. Tapi kini para pebisnis barbershop mulai menyesuaikan harga yang sesuai dengan kantong masyarakat agar mudah diterima. Bahkan ada barbershop yang menyediakan harga mulai 5000 saja loh! Ini merupakan trik untuk mengubah statement masyarakat bahwa barbershop itu mahal. Nah setelah mereka mampu membuat pelanggan masuk ke barbershop milik mereka, disanalah baru diperkenalkan harga-harga yang ada. Intinya pelanggan harus bisa dan berani masuk terlebih dahulu.

Prospek yang bagus inilah yang membuat banyak pengusaha mencoba membuka barbershop. Tapi seperti diketahui, membuka barbershop dengan brand baru mungkin bagus tapi juga cukup lama untuk bisa diterima masyarakat. Itu mengapa banyak yang mncari jalan pintas dengan memanfaatkan franchise atau bisnis waralaba barbershop. Selain tidak perlu susah-susah mem-branding, anda juga sudah diberikan fasilitas lengkap. Tapi sebelum anda memilih franchise / waralaba barbershop, coba cek dulu tips memilih franchise / waralaba barbershop di Mojokerto di bawah ini.

  • Jangan mudah percaya dan riset terlebih dahulu

Jangan mudah percaya dengan cerita sukses yang ada. Anda juga perlu mendengar cerita ex-franchisor (mantan pengguna bisnis waralaba brand tersebut). Selain mendengar cerita kesuksesan dan berbagai keuntungan menggunakan franchise brand tersebut, anda juga harus tahu kendalanya. Mengapa bisa gulung tikar dan semacamnya. Jadi pastikan anda harus riset terlebih dahulu. Serta jangan gegabah dalam memutuskan hanya karena tergiur dengan cerita sukses segelintir franchisor.

  • Kenali brand-nya

Pastikan anda kenal dengan brand barbershop tersebut. Minimal pernah masuk ke dalam dan melihat-lihatnya juga. Atau akan sangat bagus jika anda juga pernah mencoba pelayanannya juga serta tahu bagaimana image barbershop tersebut di mata masyarakat.

  • Memiliki portofolio yang jelas

Memiliki portofolio yang jelas memang sangat penting. Seperti halnya memiliki company profile. Disana anda akan melihat bagaimana asal usul dan riwayat pelayanan yang pernah mereka kerjakan. Ini juga membantu anda untuk lebih mengenal brand tersebut.

  • Cek track record

Coba cek track record-nya. Apakah ia banyak memiliki masalah dengan pelanggan? Sering terjadi kendala dengan franchisor? Atau malah mencetak banyak pengusaha sukses?

  • Perhatikan syarat dan ketentuan

Baca dengan jeli syarat dan ketentuan yang ada. Jangan sampai anda menyesal hanya karena menganggap ini hal sepele dan mengabaikannya.

  • Layanan lengkap

Pilih franchise / waralaba barbershop yang memiliki layanan lengkap. Hal ini karena akan memudahkan anda dalam memperkenalkan barbershop tersebut. Pilih jasa yang menyediakan mulai dari brosur, banner, paket perawatan rambut, dll.

  • Lokasi dekat dan strategis

Pilih lokasi yang dekat dan startegis. Bukan hanya dekat dengan agency penyedia franchise / waralaba barbershop tersebut saja. Melainkan juga harus strategis letak barbershop anda. Dekat dengan pelanggan, dekat dengan tempat anda dan dekat dengan pusat kota. Ini tentu masuk dalam kategori bagaimana anda membuat strategi tata letak bisnis anda. Di Mojokerto sendiri bisa dikategorikan strategis loh! Anda bisa mencoba membuka franchise / waralaba barbershop tersebut disini.

  • Harga sesuai budget

Sesuaikan harga untuk membuka bisnis waralaba tadi sesuai dengan budget anda. Jangan memaksakan. Tanyakan harga segitu sudah dapat apa saja dan apakah akan ada biaya tambahan nantinya? Berapakah royalty yang harus dibayar? Jangan sampai bisnis anda berhenti di tengah jalan hanya karena anda tidak jeli dalam menyusun budget ini.


Shintya Eka

Mempunyai passion di dunia tulis menulis, saat ini menjadi kontributor penulis content di Mojokertopost.com, semoga pengunjung semua menyukai tulisan saya dan bermanfaat ... aamiin
What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Share ke Whatsapp & Facebook