Skywalk Mojokerto

(Last Updated On: Mei 12, 2023)

Skywalk atau jembatan penyeberangan untuk pejalan kaki merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan para pejalan kaki dalam menyeberang jalan. Kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung sudah lama memiliki skywalk di beberapa titik yang dianggap rawan kecelakaan. Begitu pula dengan Kota Mojokerto, yang kini sudah ada skywalk terutama di alun-alun kota Mojokerto.

Berikut adalah 5 pertanyaan dan jawaban mengenai Skywalk di Mojokerto:

  1. Apa itu Skywalk dan apa manfaatnya bagi masyarakat Mojokerto?

Skywalk adalah jembatan penyeberangan yang berada di atas permukaan jalan raya dan bertujuan untuk memudahkan pejalan kaki dalam menyeberang jalan dan meningkatkan keamanan lalu lintas. Manfaat dari skywalk bagi masyarakat Mojokerto adalah meningkatkan kenyamanan dan keamanan pejalan kaki dalam menyeberang jalan dan mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas. Namun kota mojokerto hanya menggunakan istilahnya saja yaitu skywalk, bukan untuk jembatan penyebrangan, namun sebagai cara untuk mengundang warga ke tempat ini, sebagai tempat wisata kuliner.

  1. Di mana saja rencana pembangunan Skywalk di Mojokerto?

Skywalk mojokerto, saat ini berada di alun-alun kota Mojokerto. Dimana tempat ini memiliki 32 kios yang akan diperuntukkan untuk para pedangan makanan dan minuman yang telah terdata oleh Dinas Koperasi, Usaha, Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Kota Mojokerto. Bagi warga kota, pemandangan ini merupakan hal baru. Dan menjadi 1 bagian dari proses merombak alun-alun kota mojokerto.

  1. Bagaimana proses pembangunan Skywalk di Mojokerto?

Proses pembangunan Skywalk di Mojokerto sudah selesai. Proses ini melibatkan koordinasi antara pemerintah kota, pemilik lahan, dan kontraktor yang mengerjakan proyek tersebut.

  1. Kapan Skywalk di Mojokerto direncanakan akan selesai dibangun?

Proyek skywalk sudah selesai dibangun, dengan nilai kontrak Rp 7,9 miliar dari APBD 2022 ini.

  1. Apakah Skywalk di Mojokerto akan gratis digunakan oleh masyarakat?

Ya, Skywalk di Mojokerto akan gratis digunakan oleh masyarakat untuk tempat wisata kuliner baru di kota Mojokerto. Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan dan sarana meluangkan akhir minggu bagi masyarakat kota maupun luar kota Mojokerto.

Apa yang menarik di kota Mojokerto sekarang ?

Secara luasnya, kota Mojokerto termasuk kota terkecil di Indonesia. Namun tidak serta merta, tidak ada proyek pembangunan atau inisiatif lain. Ada beberapa proyek pemerintahan yang sudah dikerjakan dan dalam proses pengerjaan untuk walikota berikutnya.

  1. Taman Benteng Pancasila : Adalah lokasi yang terdiri dari berbagai macam aktifitas warga. Termasuk kuliner, tempat permainan anak, tempat jual beli pakaian murah, dan lain-lain
  2. Alun-alun Kota Mojokerto : Alun-alun memiliki peran penting dalam kehidupan sosial dan budaya masyarakat di Indonesia. Selain itu, alun-alun juga menjadi ikon dan daya tarik wisata bagi banyak kota dan desa di kota Mojokerto dan di seluruh Indonesia pada umumnya.
  3. Skywalk Alun-alun Mojokerto : Area untuk memaksimalkan alun-alun, dengan difasilitasi stand kuliner, musik dan lainnya.