Profil Sosok Ning ITA Walikota Wanita Pertama Kota Mojokerto

Walikota Mojokerto Ning Ita

Siapa yang tidak kenal dengan nama julukan ini yaitu Ning Ita ? … pasti seluruh penduduk kota Mojokerto tidak asing lagi dengan sosok nama Ning Ita ini. Karena terhitung tahun 2018 ning Ita yang bernama lengkap Ika Puspita Sari secara resmi dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Bapak Soekarwo sebagai Walikota Mojokerto periode 2018 sampai 2023 bersama dengan Bapak Ahmad Rizal Zakariyah sebagai wakil walikota Mojokerto.

Mengawali posisi sebagai walikota Mojokerto di tahun 2018 yang lalu Ning Ita dipersunting oleh pria asal Banyuwani bernama Supriyadi Karima Syaiful yang telah dikenalnya 3 tahun lalu, dan tepat tanggal 28 November 2018 ning Ita melangsungkan acara lamaran sekaligus acara pernikahan. Pertemuan pertama kali Mereka berdua ketika bersama-sama mengikuti acara partai politik di Jakarta. Yang secara kebetulan keduanya menyandang profesi sebagai Ketua DPC Partai Nasdem Ning Ita mewakili Kota Mojokerto dan Supriyadi Karima mewakili Banyuwangi.

Kapan Ning Ita Dilantik Menjadi Walikota Mojokerto

Kemudian bergeser sebulan berikutnya tepatnya 10 Desember 2018, Ning Ita dan Cak Rizal dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota di Gedung Grahadi Surabaya. Pelantikan ini dilakukan oleh gubernur Jawa Timur Soekarwo. Kemudian, pengucapan sumpah atau janji jabatan juga dipandu pula oleh gubernur Soekarwo.

Di tahun 2019 Ning Ita menghadiri Surabaya Vaganza, yaitu acara tahunan yang digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Ke-726 Kota Surabaya yang mengusung tema Puspawarni. Yang merupakan gabungan kata Puspa dan Warni, di mana puspa adalah bunga, dan warni adalah corak atau rupa yang beraneka warna.  Jumlah peserta acara Surabaya Vaganza ini lumayan banyak yaitu 77 peserta yang terdiri dari 40 mobil hias yang buat0 cukup atraktif dan  menarik serta oleh 37 peserta parade budaya dari berbagai komunitas di Surabaya dan sekitarnya termasuk bertemakan suku bangsa serta siswa dan mahasiswa serta warga Surabaya dan beberapa penampilan dari drum band.

Penghargaan Bagi Pelajar dan Guru Berprestasi 2019

Di bulan Oktober 2019, Ning Ita memberikan Penghargaan bagi puluhan pelajar berprestasi 2019 dalam acara Gebyar Seni dan Anugerah Prestasi 2019. Acara yang diadakan di gedung Astoria Convention Hall, juga memberikan penghargaan bagi Kepala Sekolah dan Guru guru berprestasi di kota Mojokerto.  Kegiatan ini merupakan suatu acara yang sangat membanggakan bagi pelajar dan guru berprestasi, karena mendapatkan langsung penghargaan dan ucapan dari orang nomor satu di kota Mojokerto yaitu ning Ita.

Di tahun 2019 di bulan November, ning Ita dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional atau HKN yang ke – 55, yang bertempat di Hall Graha Mojokerto Service Center (GMSC) yang dulunya Rumah Sakit Umum lama kota Mojokerto. Acara ini berlangsung cukup meriah dengan salah satu agenda yaitu penyerahan anugerah dari Kementerian RI yang langsung diberikan oleh Wali Kota Mojokerto Ning Ita (Ika Puspitasari). Penganugerahan ini, merupakan salah satu penghargaan dan juga motivasi bagi Pemerintah untuk dapat secara kontinyu meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan bagi masyarakat Kota Mojokerto dan Sekitarnya.

alexa salsabila
Alexa Salsabila Raki Cilik Jawa Timur dari Kota Mojokerto dengan Ning Ita Ibu Walikota Mojokerto

Ning Ita dan Arumi Bachsin di Festival Mojobatik 2019

Tetap di tahun 2019 tepatnya bulan November,  di acara yang diadakan oleh pemerintah kota Mojokerto bertajuk Festival Mojobatik 2019, Ning Ita bersama salah satu artis / seleb terkenal Indonesia yaitu Arumi Bachsin berlenggak lenggok catwalk sebagai model fashion show di acara mojo batik 2019 yang diadakan di Alun-alun kota Mojokerto. Acara yang bertujuan untuk menunjukkan hasil kreatifitas warga Mojokerto di kreasi seni batik ini memberikan warna tersendiri bagi Kota Mojokerto kepada Indonesia, bahwa Mojokerto juga turut andil dalam nilai kreasi budaya Indonesia yaitu Batik. Acara yang mengambil judul ‘Sepasar Nyang Kutho Mojokerto’, dalam pelaksanaannya Mojobatik 2019 ini, pemerintah kota mengundang tiga desainer batik kondang Indonesia yang telah go internasional, mereka adalah Dwi Iskandar, Irma Lumiga dan Diana Mulyono Putri atau lebih dikenal Diana Couture. Antusias warga Mojokerto dalam acara ini sungguhlah sangat besar, hal tersebut bisa dilihat dari jumlah penonton dan juga macetnya lalu lintas di sekitar alun-alun.

Penyuluhan Pandemi Covid-19 Kota Mojokerto

Di tahun 2020 ini, di tengah pandemi covid-19 yang tidak hanya di alami Indonesia, tetapi negara-negara besar lain juga berjuang untuk berhasil keluar dari pandemi ini. Ning Ita bersama jajarannya di kota Mojokerto juga mempunyai plan untuk mengantarkan warga Mojokerto terhindar dari Covid-19. Banyak acara, kegiatan, aktifitas yang dilakukan oleh pemerintah kota, salah satunya adalah melakukan rapid test di beberapa tempat ramai di kota Mojokerto yang langsung di pimpin oleh Ning Ita. Targetnya adalah warkop dan kafe, yang telah berhasil dilakukan rapid test di 7 warkop dan kafe di Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon. Dengan hasil yang kurang sadarnya warga untuk menggunakan masker di manapun berada, padahal Walikota Mojokerto telah melakukan penyuluhan secara intensif akan pentingnya memakan masker ketika melakukan aktifitas di luar rumah. Setidaknya ada 94 sample orang di 7 warkop dan kafe tersebut yang telah berpartisipasi dalam rapid test.

Selain itu juga masih banyak acara dan aktifitas yang digelar oleh ning Ita untuk meminimalisir dampak pandemi corona ini di kota Mojokerto, seperti ning Ita mengeluarkan surat edaran terkait himbauan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 saat bulan Ramadan, yang tertuang dalam surat nomor 443.33/4026/417.309/2020. Juga di bulan Mei tepatnya tanggal 20, Ning Ita menggalakkan campaign Peduli Media, dengan menyerahkan Sembako ke Puluhan Wartawan Mojokerto, media online, media harian, media mingguan, hingga elektronik di Rumah Rakyat Wali Kota Mojokerto, Jalan Hayam Wuruk, adapun jumlahnya sebanyak 80 sembako, berisikan bahan makanan pokok seperti beras, mie instan, biskuit, dan kopi yang berasal dari Coorporate Social Responbility (CSR).

New Normal Kota Mojokerto 2020

Dengan masih adanya dan semakin meluasnya pandemi covid-19, hal ini memicu keadaan baru yang dinamakan new normal. Dimana tidak hanya negara-negara positif covid di dunia, begitu juga kota-kota dengan covid-19 di Indonesia termasuk Jakarta, Surabaya, Makasar, dan kota lainnya otomatis akan merasakan dalam menjalani aktifitas sehari-sehari di tengah pandemi. Situasi dimana harus melakukan aktitas baru yang tidak biasa sebagai bentuk pencegahan dari pandemi corona ini. Salah satu aktifitas tersebut adalah :

  • Selalu menggunakan masker ketika melakukan aktifitas di luar rumah
  • Selalu menyediakan hand sanitizer di rumah atau lokasi di mana tempat berkumpulnya orang, seperti di toko, di kantor, di public services
  • Melakukan social distancing, di rumah makan, di perkantoran, di antrian loker dengan jarak 1 meter, untuk menghindarkan covid-19
  • Mengurangi pembayaran tunai, diganti dengan transfer secara online setiap kali transaksi jual beli
  • Mengurangi kapasitas pengguna transportasi umum seperti mobil umum sebanyak 50%
  • dan hal-hal lainnya

Berikut detail aktifitas New Normal yang akan kita jalankan sepanjang 2020 – 2021, selama pandemi covid-19 ini masih ada di Indonesia.

FAQ :

Kapan Ning Ita Menjadi Walikota Kota Mojokerto ?

Ning Ita dilantik menjadi Walikota Mojokerto padah tanggal 8 Desember 2018 Selengkapnya klik di sini

Siapakah Nama Lengkap Ning Ita ?

Nama lengkap ning Ita, walikota kota Mojokerto adalah Ita Puspita Sari.

Selengkapnya klik di sini

Berapa lama masa kerja ning Ita menjadi Walikota Mojokerto ?

Ning ita menjadi walikota Mojokerto terhitung dari tahun 2018 sampai 2023 atau selama 5 tahun.

Dudung Rahmanto

Assalamu'alaikum, Hi nama saya Dudung Rahmanto, seorang content optimizer merubah sesuatu yang tak berharga menjadi bernilai. Punya hobi oprek content, code, dan SEO. Tinggal di kota terkecil di dunia yaitu kota Mojokerto. Semoga artikel kami bermanfaat, maafkan jika ada yang kurang berkenan 🙏. Jika ingin menambahkan saya sebagai koneksi, silahkan WA saya di 081585442628. Bye 👋
What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
1
Share ke Whatsapp & Facebook