Pilpres Padang 2024

(Last Updated On: Oktober 14, 2023)

Pilpres 2024 Padang atau atau kota lain di di Sumatra Barat

Siapa calon presiden 2024 nanti?

Penjelasan

Pemungutan suara serentak nasional untuk Pileg dan Pilpres 2024. Untuk kota-kota yang memiliki lebih dari satu TPS, saya memilih TPS yang paling besar atau paling strategis. Untuk kota-kota yang memiliki TPU, saya memilih TPU yang paling dekat dengan pusat kota. Untuk kota-kota yang tidak memiliki TPU, saya memilih lokasi yang paling mudah dijangkau oleh pemilih.

Tanggal Coblos Pilpres 2024

14 Februari 2024

Tips memilih pilpres di Padang Sumatra Barat atau atau kota lain di Sumatra Barat

Pastikan sudah terdaftar sebagai pemilih di TPS terdekat di
Dan Jangan lupa Bawa KTP dan e-KTP untuk mencoblos

5 larangan dalam pilpres dan pileg di Padang atau kota lain di,

  • Membuat atau menyebarluaskan berita bohong atau hoaks di Padang atau kota lain di Sumatra Barat
  • Melakukan kampanye yang mengandung SARA.
  • Melakukan kekerasan atau intimidasi.
  • Melakukan politik uang.
  • Melakukan pelanggaran administrasi pemilu.
  • Larangan-larangan tersebut diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Pelanggaran terhadap larangan tersebut dapat dikenakan sanksi pidana, denda, atau pemberhentian dari jabatan.

    Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai masing-masing larangan tersebut:

    1. Membuat atau menyebarluaskan berita bohong atau hoaks

    Berita bohong atau hoaks adalah informasi yang tidak benar dan sengaja disebarkan dengan tujuan untuk merugikan orang lain. Penyebaran berita bohong atau hoaks dapat mengganggu proses pemilihan umum dan dapat menimbulkan keresahan di masyarakat.

    2. Melakukan kampanye yang mengandung SARA

    Kampanye yang mengandung SARA adalah kampanye yang menggunakan unsur suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) untuk meraih simpati pemilih. Kampanye yang mengandung SARA dapat menimbulkan konflik dan perpecahan di masyarakat.

    3. Melakukan kekerasan atau intimidasi

    Kekerasan atau intimidasi adalah tindakan yang dilakukan untuk memaksa orang lain untuk memilih kandidat tertentu atau untuk menghalangi orang lain untuk memilih. Kekerasan atau intimidasi dapat mengganggu proses pemilihan umum dan dapat menimbulkan ketakutan di masyarakat.

    4. Melakukan politik uang

    Politik uang adalah pemberian atau janji pemberian sesuatu sebagai imbalan untuk memilih kandidat tertentu. Politik uang dapat merusak demokrasi dan dapat menyebabkan terpilihnya kandidat yang tidak berkualitas.

    5. Melakukan pelanggaran administrasi pemilu

    Pelanggaran administrasi pemilu adalah pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang pemilihan umum. Pelanggaran administrasi pemilu dapat menyebabkan pemilihan umum tidak berjalan dengan lancar dan adil.

    Masyarakat diimbau untuk mematuhi larangan-larangan tersebut agar pemilihan umum dapat berjalan dengan lancar dan adil.

    alasan kenapa wajib mencoblos Pilpres Padang Sumatra Barat 14 Februari 2024

    Merupakan hak dan kewajiban warga negara
    Pemilihan umum adalah salah satu hak dan kewajiban warga negara Indonesia. Setiap warga negara yang telah memenuhi syarat memiliki hak untuk memilih dan dipilih. Dengan memilih, warga negara telah menjalankan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.

    Menentukan masa depan bangsa
    Pemilihan presiden adalah pemilihan pemimpin tertinggi negara. Presiden memiliki peran penting dalam menentukan arah dan kebijakan negara. Dengan memilih presiden, warga negara turut menentukan masa depan bangsa.

    Menjaga demokrasi
    Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang berdasarkan kedaulatan rakyat. Pemilihan umum merupakan salah satu pilar demokrasi. Dengan memilih, warga negara turut menjaga demokrasi di Indonesia.

    Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai masing-masing alasan tersebut:

    1. Merupakan hak dan kewajiban warga negara

    Pemilihan umum merupakan salah satu hak asasi manusia yang dijamin oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Setiap warga negara yang telah memenuhi syarat memiliki hak untuk memilih dan dipilih. Dengan memilih, warga negara telah menjalankan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.

    2. Menentukan masa depan bangsa

    Presiden adalah pemimpin tertinggi negara yang memiliki peran penting dalam menentukan arah dan kebijakan negara. Presiden juga memiliki peran penting dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan negara. Dengan memilih presiden, warga negara turut menentukan masa depan bangsa.

    3. Menjaga demokrasi

    Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang berdasarkan kedaulatan rakyat. Pemilihan umum merupakan salah satu pilar demokrasi. Dengan memilih, warga negara turut menjaga demokrasi di Indonesia.

    Oleh karena itu, setiap warga negara yang telah memenuhi syarat memiliki kewajiban untuk memilih dalam pemilihan umum. Dengan memilih, warga negara telah menjalankan hak dan kewajibannya sebagai warga negara, turut menentukan masa depan bangsa, dan menjaga demokrasi di Indonesia.

    Peta Rute Lokasi TPU TPU Air Dingin, Padang

    Tinggalkan komentar