Memilih Tempat Kursus Barbershop Terbaik di Jawa Timur

Keberadaan tukang cukur rambut sudah ada sejak zaman dahulu sampai dengan sekarang. Seolah-oleh bisnis ini adalah bisnis yang tak akan pernah mati. Semakin bertambahnya jumlah penduduk, maka peluang untuk membuka bisnis barbeshop ini juga besar.

Tentu dibutuhkan keterampilan untuk memangkas rambut dengan rapi, agar hasilnya bagus. Bayangkan saja jika kita memotong rambut dan tidak presisi, misalnya, pasti rasa percaya diri kita juga menjadi berkurang. Itulah mengapa tidak sembarangan orang bisa memotong rambut.

Kebanyakan orang menguasai teknik memangkas rambut ini setelah mengikuti kursus. Kursus lah yang menjadi kunci kita untuk menjadi seorang ahli dengan ditunjang banyaknya praktik di lapangan. Sebaiknya jika berniat membuka usaha barbershop, bekali kemampuan dan pengetahuan Anda dengan mengikuti kelas khusus barbershop.

Tips memilih Tempat tempat kursus barbershop

Saat memilih tempat kursus, tentu banyak hal yang bisa menjadi pertimbangan kita. Sebaiknya pertimbangan itu kita cocokan dengan list di bawah ini;

  • Pilih lah tempat kursus barbershop yang sudah dikenal atau populer, terutama dalam segi kualitas. Hal itu bisa kita lihat dari item pelatihan yang ditawarkan.
  • Pilih tempat yang sesuai dengan budget Anda. Umumnya, tempat kursus barbershop menawarkan kualitas yang berbading dengan harga. Jadi sebaiknya pilih yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.
  • Pilih lah pengajar yang sudah berpengalaman, karena pemilihan di titik ini sangat berpengaruh pada kualiatas Anda mencukur. Untuk mendapatkan pelatih yang ahli, sebaiknya juga Anda mencari dengan cara di poin pertama. Biasanya tempat yang populer memiliki kualitas yang baik dari berbagai sisi.
  • Dan yang terakhir pilih tempat lokasi yang jarangnya bisa Anda jangkau. Kecuali jika memang tidak ada pilihan lain. Dengan jarak terlalu jauh pun akan menghabiskan banyak waktu.

Kemudian jika kursus adalah pembelajaran praktik, maka kita juga harus mempelajari teori dasar dari seorang barbershop. Salah satunya memahami berbagai macam model rambut. Terlebih lagi apabila kita mempunyai skill untuk menyesuaikan gaya rambut dengan fisik pelanggannya, maka itu akan jauh lebih baik lagi. Kunci utama dari semua itu adalah LATIHAN.

Sebenarnya ada sedikit perbedaan antara cukur rambut tradisional dengan barbershop, yakni fasilitas penunjangnya. Seperti yang kita tahu, dalam beberapa tahun terakhir ini, barbershop merebak bagaikan jamur sampai ke kota-kota kecil seperti Mojokerto. Kemudian banyak dijadikan pilihan pun karena fasilitas yang tersedia di barbershop yang tidak ada di tukang cukur tradisional seperti, minuman gratis, cukur kumis gratis, cuci rambut dan pemberian tonic, serta alat cukur yang lebih lengkap dan bervariasi.

Walaupun dari segi harga sangat jauh berbeda, namun sesuai dengan fasilitas yang tersedia wifi gratis, ruangan ber-AC.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan jika ingin menjadi barbershop profesional di antaranya :

  • Pelayanan pelanggan
  • Menentukan target pasar
  • Menentukan harga layanan/ paket
  • Menguasai teknik cukur dengan mesin cukur
  • Menguasai teknik cukur dengan gunting
  • Inovasi layanan
  • Menjaga kebersihan alat

Bahkan tak jarang seorang barberman profesional belajar dan melakukan riset ke berbagai negara di luar Indonesia. Hal itu biasanya dilakukan untuk menentukan pelayanan yang akan ditawarkan nantinya dan belajar teknik-teknik baru dari barberman kelas dunia.

Begitulah tips memilih tempat kursus barbershop di Mojokerto. Jika Anda tertarik untuk memuli usaha atau bisnis barbershop, dari sekarang bisa memilih tempat kursus barbershop di Mojokerto. Ada beberapa yang sudah terkenal, di anataranya Ndasmu barbershop, The Hadi’s Barbershop, dan lain-lain.


Maya Pratama

Pekerjaan sekarang aktif menulis di Mojokertopost.com. Asal / lokasi tempat tinggal di kota Mojokerto. Silahkan membaca tulisan saya, semoga bermanfaat bagi semua.
What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Share ke Whatsapp & Facebook