Dijuluki Kota terkecil di Indonesia, Ternyata Kota Mojokerto Menyimpan Banyak Keunikan

Tidak semua orang tahu di mana itu Mojokerto? Daerah ini berada di provinsi Jawa Timur yang terletak 50 km barat daya dari arah Kota Surabaya. Belakangan kota Mojokerto mengalami perkembangan yang cukup pesat, jika dilihat dari segala jenis infrastruktur dan juga penambahan tempat pariwisata saat ini. Bagi kalian yang belum pernah mengenal daerah Mojokerto, yuk simak artikel ini, untuk tahu kekayaan apa saja yang dimiliki Mojokerto, Jawa Timur.

Jumlah Penduduk / Populasi Kota Mojokerto

Berdasarkan wikipedia, jumlah penduduk kota Mojokerto tidak sampai 1 juta orang, bahkan tidak sampao 200ribu orang. Tepatnya berkisar antara 120 ribuan di tahun 2010. Dengan 3 kecamatan dan 18 kelurahan. Yang sangat jauh bedanya jika dibandingkan dengan kota-kota lain di Jawa Timur, seperti Surabaya, Sidoarjo, Malang, Jember, dll. Namun walaupun kecil, Mojokerto memiliki hal yang tidak dimiliki kota lain di Indonesia. Yaitu Sejarah, Tempat Wisata, Kuliner dan yang lebih penting biaya hidup seperti makanan, kebutuhan sehari-hari yang sangat murah dibandingkan kota-kota besar lainnya di atas. Anda masih dapat menikmati sebungkus nasi + lauk seharga Rp 6000an – di bawah 10ribuan. Yang tentunya sangat hemat untuk anda yang ingin untuk berhemat.

 

Letak Geografis

Mojokerto masuk ke dalam kawasan metropolitan Surabaya yang dinamakan Gerbang Kerto Susila, dengan pimpinan atau walikota sekarang adalah ning ita. Seperti pada umumnya, Mojokerto juga memiliki dua kawasan wilayah yakni Kota Mojokerto dan Kabupaten Mojokerto. Untuk wilayah kota luas wilayahnya menjadi yang terkecil di Indonesia, yakni 16,47 km² yang berarti 8 kali lebih kecil dari wilayah Jakarta Selatan.

Dulu sempat, Kota Mojokerto jadi bagian dari Kabupaten Mojokerto, tapi pada tahun 1999 akhirnya secara penuh diresmikan sebagai kota.

Sementara itu untuk luasan wilayah kabupaten mojokerto, mencapai 991 km². Jika kamu ke kabupaten maka kamu akan menemukan banyak tempat wisata dengan tema alam. Misalnya saja seperti di Puncak-Bogor, Lembang-Bandung, atau di Batu-Malang.

Sejarah Mojokerto

Bagi yang tertarik pada sejarah Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi jika Mojokerto memegang peran penting sebagai pusat kerajaan terbesar indonesia, yang lebih dikenal sebagai Kerajaan Majapahit. Bahkan sampai saat ini, jika kamu mengetahui, masih banyak peninggalan-peninggalan sisa Kerajaan Majapahit yang terus ditemukan. Misalnya Gapura Bajang Ratu yang menjadi gerbang masuk kompleks penting di ibukota Majapahit, pada waktu itu.

Jika ingin melihatnya secara lengkap kamu bisa mengikuti paket wisata sejarah Majapahit. Nanti kita akan dibawa mengelilingi situs-situs sejarah yang mempunyai peran penting pada saat kerajaan Majapahit masih berdiri.

Wisata di Mojokerto

Yang lebih mengejutkan terutama bagi Anda pendatang baru atau bukan asli penduduk Mojokerto, saat melihat patung buddha tidur di Trowulan. Karena setahu saya, patung buddha tidur yang paling terkenal ada di Thailand dan ternyata kita tidak perlu jauh-jauh ke sana untuk melihatnya Penampakannya juga sama seperti yang ada di Thailand. Hanya saja mungkin daerah wisatanya yang berbeda. Yang lebih mengejutkan patung buddha tidur ini diklaim sebagai maha vihara atau patung buddha terbesar di Indonesia.

Baca : Macam-macam tempat wisata di Mojokerto baik itu kota dan kabupaten.

Kuliner di Mojokerto

Sebagai daerah yang tidak terlalu luas dan tidak terlalu terkenal, Mojokerto mempunyai makanan yang khas dan dijadikan ikon sebagai nama lain dari Mojokerto, yaitu kota onde-onde. Di Mojokerto, onde-onde sendiri sudah ada sejak zaman majapahit, jadi sampai sekarang panganan itu terus melekat menjadi ciri khas.

Kesenian Khas Mojokerto

Jika kesenian khas di Jawa Barat ada ‘wayang golek’ dan di  Jawa Tengah ada ‘ketoprak’, maka di Jawa Timur kita memiliki ‘ludruk’. Cerita dari kisah ludruk diangkat dari kegiatan/ kehidupan sehari-hari. Cara Berceritanya pun dibumbui dengan guyonan khas Jawa Timuran.

Karena bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari dan topiknya juga topik yang ringan,  ludruk jadi kesenian yang banyak digemari semua kalangan se-Jawa Timur.

Wisata Candi di Mojokerto

Selain kuliner, Candi pun menjadi salah satu peninggalan sejarah Majapahit yang sampai sekarang masih ditemukan di Kabupaten Mojokerto, daerah Trowulan dan menjadi salah satu tempat wisata di Indonesia terutama Mojokerto, yaitu wisata candi. Ada bermacam nama-nama candi yang populer di Mojokerto. Seperti Candi Jedong, Candi Gentong, Candi Tikus, dan lainnya Wisata candi ini merupakan salah satu keunikan yang bisa anda temukan di kabupaten Mojokerto.

Nah, bagaimana? Apa kamu sudah tertarik untuk mengunjungi Jawa Timur, terutama mencoba wisata sejarah di Mojokerto? Jangan lupa juga untuk mencoba kuliner yang tidak ada di kota-kota lain ya, seperti nasi jagung dan sambel wader. Jika penasaran mengenai masakan khas Mojokerto lainnya bisa Anda cari di kolom search pada halaman utama, ‘makanan khas mojokerto’.


Maya Pratama

Pekerjaan sekarang aktif menulis di Mojokertopost.com. Asal / lokasi tempat tinggal di kota Mojokerto. Silahkan membaca tulisan saya, semoga bermanfaat bagi semua.
What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Share ke Whatsapp & Facebook