Cara Daftar dan Manfaat Gabung Komunitas di Facebook

Facebook kini banyak digunakan para pengusaha atau lembaga agar lebih dikenal dengan jangkauan yang luas. Untuk memfungsikan halaman dengan baik, sebaiknya buat grup atau komunitas sendiri.

Komunitas ini lebih mudah dijangkau dari berbagai daerah dan usia. Sehingga diskusi di dalamnya akan lebih bervariatif dan memiliki warna yang beragam. Cukup mudah untuk membuat sebuah grup/ komunitas di Facebook. Yang pasti Anda harus mempunyai akun yang bisa Anda daftarkan menggunakan email atau nomer telepon Anda. Kemudian jika sudah mendapatkan akun pribadi, klik di sudut atas halaman Facebook di bagian kanan dan pilih grup, lalu masukan nama grup/ komunitas, pilih opsi public/ privasi dan tambahkan orang-orang ke dalamnya, dan klik buat.

Lalu apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan saat membuat komunitas? Terutama untuk pebisnis.

Melibatkan Diri Secara Pribadi Terhadap Konten Komunitas

Konten yang kita posting harus memiliki unsur dua arah. Sehingga bisa memicu diskusi di kolom komentar atau membanjiri tombol suka. Jika sudah begini, maka kemungkinan besar komunitas Anda di Facebook bisa tumbuh besar karena banyaknya keterlibatan pengguna.

Libatkan pengguna lain untuk melakukan aktivitas

Pastinya di setiap kamunitas ada kegiatan yang rutin dilakukan tiap minggu atau tiap bulan. Nah, pastikan kegiatan itu dilakukan bersama anggota komunitas yang lain dengan disertai apresiasi misalnya berupa pulsa atau paket data, atau goodie bag.

Hal itu juga akan memicu peningkatan aktivitas yang dampaknya akan menambah jangkauan untuk anggota baru. Karena tidak semua orang yang sedang mencar komunitas mudah tertarik jika di dalamnya tidak ada kegiatan yang aktif dilakukan.

Merespon setiap komentar dari anggota

Memberikan respon kepada setiap pertanyaan dan tanggapan para anggota akan memebuat mereka diperhatikan. Sehingga akan menjaga keaktifan dalam grup tersebut. Jadi sempatkanlah dan jawab pertanyaan dari setiap anggota yang menanyakan atau bingung terhadap konten yang kita buat.

Ini akan memebri manfaat kepada pengelola grup, untuk memberikan aktivitas lain dan mengukur seberapa besar dampak komunitas yang dibuat. Apakah berpengaruh atau tidak.

Bangun kepercayaan anggota

Setiap jenis komunitas, baik komunitas penjualan, komunitas menulis, komunitas otomotif, atau apapun harus membangun kepercayaan dari setiap anggotanya. Yaitu dengan cara memberikan informasi dan update terbaru secara aktual. Sehingga mereka pun bisa merasakan menfaat dari informasi yang kita sajikan. Kemudia seperti yang sudah disebutkan, berinterasksi dua arah juga bisa membangun kepercayaan para anggota. Karena sesorang saat mengikuti komunitas tidak bergantung pada komunitasnya tertapi kepada seseorang di dalamnya.

Membangun kepercayaan juga bisa dengan membuat konten esklusir seperti kegiatan sharing atau webinar yang dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Menyediakan forum Tanya-jawab yang bisa dilakukan sesame anggota. Berbagi pengalaman di antara anggota satu dengan lainnya. Atau mengadakan konten doorprice yang bisa memberikan nilai tambah pada komunitas Anda.

Itu dia beberapa keuntungan yang Anda dapat saat mengikuti atau bergabung pada sebuah komunitas di Facebook. Selain yang sudah disebutkan di atas, jika Anda merupakan anggota dari sebuah komunitas, yang harus dimanfaatkan adalah relasi. Bangun relasi dengan anggota lain. Dengan begitu Anda akan mendapatkan manfaat untuk jangka wkatu yang panjang.

Tak jarang juga sesama anggota melakukan pertemuan pribadi untuk membahas kegiatan-kegiatan offline di daerahnya masing-masing. Dengan hal ini tentu fungsi dari komunitasnya sendiri jadi lebih positif dan bermanfaat.


Maya Pratama

Pekerjaan sekarang aktif menulis di Mojokertopost.com. Asal / lokasi tempat tinggal di kota Mojokerto. Silahkan membaca tulisan saya, semoga bermanfaat bagi semua.
What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Share ke Whatsapp & Facebook